Fakta – Fakta dan Hal Unik Mengenai Santa Claus

Written by Novianti.

Fakta – Fakta dan Hal Unik Mengenai Santa Claus

Ho..Ho..Hooo…
You better watch out, you better not cry..
Santa Claus is Coming to Town….

Hayooo… Kalian percaya ga sih kalau ada yang namanya Santa Claus?
Santa Claus digambarkan dengan sesosok bapak – bapak gendut dengan baju merah, perut buncit, dan janggut tebal berwarna putih serta mengendarai kereta rusa kutub membagikan hadiah kepada anak – anak kecil yang baik ketika malam natal. Santa Claus sangatlah terkenal menjelang natal, pajangannya, bonekanya, semuanya menghiasi berbagai rumah, mall dan juga masih menjadi pengharapan bagi banyak orang di dunia ini.

Akan tetapi, banyak banget loh fakta dan juga hal unik di balik sosok ramah yang satu ini yang gak banyak diketahui orang. Berikut ini adalah fakta unik Santa Claus yang perlu kamu ketahui :
– Sosok Santa Claus terinspirasi dari seorang uskup gereja Khatolik bernama Saint Nicholas.

– Sosok asli Santa sebenarnya kurus tinggi dan berwibawa, setta memakai jubah berwarna hijau – biru – putih. Sedangkan sosok Santa Claus dengan baju merah dan berpostur gendut adalah image gambaran perusahaan Coca Cola dulu untuk merayakan Natal, dan warna merah Santa Claus diambil dari warna logo perusahaan Coca Cola, akan tetapi malah image Santa itulah yang terkenal sampai sekarang.

– Menurut ceritanya, Santa Claus memiliki seorang kakak kandung bernama Fred Claus, diceritakan Fred Claus merupakan sosok kakak baik, akan tetapi lambat laun dia iri dengan Santa Claus, karena semua orang lebih menyukai Santa Claus, dan akhirnya Fred Claus memutuskan menjadi anak nakal yang merusak kebahagian Natal, dan akhirnya Fred berhasil merusak Natal, akan tetapi, Santa tetaplah memberikan hadiah untuknya, hadiah yanga sangat amat berarti baginya dan akhirnya Fred menjadi baik kembali, bahkan Fred pernah menggantikan Santa Claus, ketika Santa sedang sakit dan tidak bisa membagikan hadiah pada malam Natal.

– Dulu, Santa Claus hanya membagikan hadiah kepada anak baik saja, akan tetapi, karena kakaknya Fred, Santa akhirnya membagikan hadiah kepada semua anak termasuk anak nakal, Fred mengajarkan Santa bahwa anak kecil yang nakalpun membutuhkan hadiah agar mereka dapat berubah menjadi baik kembali, seperti dirinya dulu (Fred Claus). Tapi, kepercayaan hanya anak baik yang mendapatkan hadiah tetap digunakan oleh para orang tua, agar anak – anak berusaha menjadi anak yang baik untuk mendapatkan hadiah di malam Natal.

– Kenapa Santa Claus digambarkan memberi hadiah melalui cerobong asap? Karena sosok asli Santa yaitu Saint Nicholas pernah membantu 3 orang wanita yang hendak dijual, beliau memberikan uang kepada ketiga wanita itu agar bisa terbebas melalui cerobong asap. Dan hal itulah yang menjadikan image Santa Claus memberikan hadiah melalui cerobong asap.

– Menurut ceritanya, Santa Claus tinggal di Kutub Utara dan ia selalu mendengar hadiah apa yang kamu inginkan, akan tetapi kadang hadiahnya tidak sesuai dengan permohonanmu, karena yang ia berikan adalah yang terbaik yang kamu sebenarnya lebih kamu butuhkan.

– Di Vatikan, dulu nama Santa Claus pernah dihapuskan dan dilarang untuk dianggap sebagai orang suci, akan tetapi karena banyaknya protes dari masyarakat, akhirnya Santa Claus dibiarkan dan kalian dibebaskan untuk memilih menganggapnya sebagai orang suci atau bukan.
Gimana? Setelah membaca fakta dan hal unik diatas, apakah kalian masih percaya pada Santa Claus? Legenda Santa Claus tidak akan pernah mati, karena sebenarnya, Santa Claus merupakan sebuah gambaran pengharapan dan juga doa bagi anak kecil. Bagi mereka yang tetap percaya, Santa Claus dapat membuat seorang anak tetap berdoa, berharap dan berusaha menjadi anak yang baik agar mendapatkan hadiah di malam Natal. Sedangkan bagi kita orang dewasa, sebenarnya Santa Claus merupakan contoh baik bahwa Natal bukanlah tentang bersenang – senang, berpesta pora saja, akan tetapi ada makna berbagi di dalamnya. Berbagi suka cita dengan semua orang di dunia ini. Jadilah Santa Claus bagi sesama umat manusia, bagikanlah hadiah kepada mereka semua, karena percaya atau tidak, kamulah Santa Claus itu